Sabtu, 10 Januari 2015 - 07:12:14 WIB
KIAT SUKSES MENJADI ORANG MARKETING (2)
Diposting oleh : Ida Pujiani, SE.
Kategori: Bag. Kemahasiswaan - Dibaca: 326628 kali

Kemarin telah saya paparkan Kiat Sukses Menjadi Orang Marketing (1),,, bagaimana? Sudah dilakukan??

Agar anda semakin sukses menjadi orang marketing,, saya akan menambahkan beberapa tips kiat sukses selanjutnya.....

  • Client is Friend : Perlakukan klien sebagai teman dan Anda akan disambut dengan tangan terbuka. Apa yang menjadi hambatan penutupan sales akan Anda ketahui dengan sendirinya. Semakin Anda mengenali karakteristik dan latar belakang Anda, semakin Anda tahu saat yang tepat untuk meluncurkan sales strategy dan menuai hasil. Lakukan semua itu dengan penuh ketulusan. Klien akan tahu jika Anda melakukannya semata-mata karena uang.
  • Hukum Tabur Tuai : Semakin banyak yang ditabur, semakin banyak pula yang kita tuai. Sedikit menabur, sedikit menuai. Sebagai seorang sales and marketer, kita harus banyak menabur. Dari yang kita tabur, ada yang jatuh di tanah yang subur sehingga segera bertumbuh dan menghasilkan. Akan tetapi, ada juga yang tumbuh di tanah yang gersang sehingga pertumbuhannya terhambat namun ada juga yang tumbuh lalu dimakan hama. 
  • Tentukan Goal dan Kejarlah! : Tuliskan terlebih dahulu apa yang ingin Anda miliki. Sebutkan jumlah nominal uang yang diperlukan untuk memilikinya. Lalu hitung mundur, hasil penjualan berapa yang diperlukan untuk mendapatkan jumlah nominal uang tadisehingga akhirnya barang yang Anda idam-idamkan akhirnya bisa Anda miliki.
  • Body Language : Bahasa tubuh bisa membawa pengaruh pada pengambilan keputusan prospek. Menirukan posisi tubuh si prospek sering kali membawa suatu kekuatan pengaruh sehingga prospek lebih mudah diarahkan untuk mengiyakan pada saat kita mencoba untuk melakukan dosingi penjualan.
  • Testimoni : Cerita kesaksian dari orang yang sudah membeli biasanya manjur, karena orang lebih percaya mendengar kesaksian dari orang yang sudah menggunakan daripada dari marketingnya sendiri.
  • Gaul : Semakin ramai lalu lintas pergaulan kita, semakin banyak kesempatan yang dapat kita temukan. Semakin bervariasi profesi yang kita kenal, semakin luas jangkauan kesempatan kita. Kalau tadinya sebelum menjadi marketer, kita paling malas pergi ke tempat pernikahan, arisan, reuni dan acara kumpul lainnya. Begitu beralih profesi jadi orang marketing, kita mendadak “terpaksa” gaul.
  • Success Creates Succes : Ciptakan sukses sekecil apa pun. Dari kesuksesan itu, melompatlah dan ciptakan sukses-sukses lain. Contoh soal, seorang sales marketing yang sukses bisa jadi menjadi pembicara seminar, mentor atau mendirikan perusahaan konsultan atau training.
  • Lima Kali Jatuh, Enam Kali Bangun : Anda boleh 5 kali jatuh, tetapi Anda harus bangun 6 kali. Artinya berapa kali pun Anda gagal yang penting Anda bangkit lagi sesudah jatuh. Jangan Menyerah! Semangat yang kendor karena tolakan dan respons kurang menyenangkan dari prospek bisa lenyap dengan segera. Tidak perlu membuang waktu berlama-lama untuk merenungi kesedihan, lebih baik segera bangkit dan berjuang lagi, prospek lain masih banyak.

Sumber : Rahardjo, Jami Lydia. 2008. 39 Secrets of Selling Ketika Janji Temu Jitu, Penjuaan Ketemu, Kisah dan Terobosan Horizontal Marketing. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.