Selasa, 07 Oktober 2014 - 10:09:44 WIB
PENTINGNYA P2S BAGI MAHASISWA BARU
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bag. Kemahasiswaan - Dibaca: 222418 kali

Tahun Akademik 2014/2015 akan segera dimulai. Para siswa lulusan SMA/SMK/MA mulai mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru di perguruan tinggi pilihannya masing-masing. Ada yang beruntung bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang di idolakannya, namun ada juga yang memilih Perguruan Tinggi Swasta karena keterbatasan kuota PTN tidak dapat menampung semua calon mahasiswa.

Proses belajar mengajar di perguruan tinggi biasanya diawali dengan kegiatan orientasi pengenalan kampus yang di beberapa perguruan tinggi diberi nama Pengenalan Program Study (P2S). Dewasa ini berkembang kesan buruk di masyarakat bahwa kegiatan pengenalan kampus disalahgunakan sebagai ajang balas dendam mahasiswa senior ke junior. Kejadian ini berulang terus menerus sehingga dunia kampus menjadi area menakutkan bagi mahasiswa baru. Orang tua mahasiswa baru pun menghawatirkan tindak kekerasan terjadi terhadap anak-anaknya. Di beberapa Perguruan Tinggi telah terjadi kekerasan dalam acara pengenalan kampus yang menyebabkan korban fisik dan psikis bahkan ada mahasiswa baru yang meninggal sia-sia. Kejadian ini menyebabkan timbulnya protes masyarakat terhadap kegiatan pengenalan kampus di Perguruan Tinggi. Sebagian masyarakat bahkan beranggapan kegiatan pengenalan kampus tidak perlu diadakan karena pada akhirnya akan berujung pada tindakan kekerasan mahasiswa senior ke juniornya.

Sebenarnya tidak semua kegiatan pengenalan kampus memiliki efek negatif, banyak hal positif yang bisa didapatkan mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan Pengenalan Program Study (P2S) dengan catatan kegiatan tersebut berada di bawah pengawasan institusi Perguruan Tinggi dengan mengikutsertakan para dosennya yang langsung mengawasi kegiatan. Dengan P2S mahasiswa baru akan mengenal Perguruan Tinggi yang akan dimasukinya secara menyeluruh, mulai dari bangunan kampus, pembiayaan, kurikulum, mata kuliah yang harus diikuti, kualitas dosen, aktivitas mahasiswa dalam perkuliahan, penyaluran lulusan ke dunia kerja, serta kelebihan-kelebihan perguruan tinggi lainnya. Secara singkat setidaknya ada lima keuntungan yang di dapatkan mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan P2S:

1. Mempererat silaturahmi

Silaturahmi merupakan aspek penting dalam hidup bermasyarakat, dalam hal ini masyarakat kampus yang meliputi seluruh civitas akademika perguruan tinggi antar mahasiswa baru, antar mahasiswa baru dengan kakak tingkatnya, antar mahasiswa baru dengan para dosennya serta antar mahasiswa baru dengan seluruh pengurus perguruan tinggi yang bersangkutan. Tujuan Silaturahmi ini untuk membina solidaritas, kebersamaan dan kekeluargaan antar mahasiswa baru, mahasiswa lama dan para dosennya.

2. Mengenal Visi, Misi dan tujuan pendidikan di Perguruan Tinggi

Mahasiswa baru perlu mengenal visi, misi dan tujuan perguruan tinggi yang dimasukinya karena pendidikan yang akan diikuti berawal dari visi perguruan tinggi  yang bersifat umum dan menyeluruh, kemudian dijabarkan dalam misi dan tujuan perguruan tinggi dengan mengacu pada  tri darma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

3. Mengenal kurikulum, mata kuliah serta dosen Perguruan Tinggi

Mahasiswa baru perlu mengetahui kurikulum, jumlah mata kuliah serta SKS yang akan diikuti di perguruan tinggi yang dimasuki. Mata kuliah tersebut di ampu oleh dosen-dosen yang memiliki pendidikan yang relevan dengan mata kuliahnya. Kegiatan perkuliahan tersebut harus berkualitas karena akan bermuara pada kompetensi yang akan dimiliki oleh mahasiswa baru  setelah mengikuti perkuliahan.

4. Mengenal program unggulan Perguruan Tinggi

Biasanya perguruan tinggi memiliki program unggulan yang ditawarkan kepada mahasiswa baru yang akan menjadi daya tarik tersendiri. Mahasiswa baru perlu mengenal program unggulan tersebut, misalnya keunggulan STIE STMY adalah menyiapkan para lulusan yang menguasai ilmu manajemen serta mahir dan terampil berbahasa inggris dan computer. Selain itu keunggulan STIE STMY juga menyediakan program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi namun kurang mampu.

5. Mengenal kualitas lulusan dan alumni

Perguruan Tinggi biasanya menyediakan data para lulusan atau alumni yang telah terserap bekerja dibeberapa instansi pemerintah maupun swasta serta menjadi wirausahawan yang sukses. Hal ini dapat diketahui oleh mahasiswa baru sejak dalam masa orientasi pengenalan kampus. Keberhasilan alumni akan memotivasi mahasiswa baru untuk mengikuti jejak kakak tingkatnya meraih sukses.

Selain lima keuntungan diatas, masih ada keuntungan-keuntungan lainnya yang bisa didapatkan mahasiswa baru dalam mengikuti kegiatan Pengenalan Program Study (P2S) di Perguruan Tinggi. Akhirnya dengan melihat kenyataan bahwa sisi manfaat lebih besar dari pada  madhorotnya maka kegiatan P2S harus tetap diadakan di Perguruan Tinggi dan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru. Selamat atas P2S yang sudah diselenggarakan, semoga semakin mendekatkan hubungan silaturahmi mahasiswa baru dengan seluruh civitas akademika Perguruan Tinggi yang kita banggakan.

Oleh H. Ahmad Kamaludin