Jumat, 29 Agustus 2014 - 23:47:18 WIB
SEMARAK PERAYAAN HUT KEMERDEKAAN RI KE 69
Diposting oleh : Ida Pujiani, SE.
Kategori: Bag. Kemahasiswaan - Dibaca: 218068 kali

(21/08/2014) Generasi muda sering dikatakan sebagai penerus perjuangan dari suatu bangsa dan merupakan unsur terpenting dari suatu bangsa. Tanpa adanya generasi muda maka suatu bangsa/Negara tidak dapat berkembang. Pada era globalisasi ini, sering mengubah haluan berfikir generasi muda, sehingga dapat menggangu pandangan dari yang baik menjadi buruk. Untuk itu generasi muda perlu ditanamkan rasa nasionalisme yang tinggi dan rasa cinta tanah air yang besar. Sehingga pengaruh dari era globalisasi dapat teratasi dengan baik.

Untuk penanaman rasa nasionalisme yang tinggi perlu adanya pelatihan emosi dan ego dari setiap generasi muda. Serta penanaman rasa cinta tanah air perlu adanya pengetahuan sejarah dan peringatan pada hari-hari bersejarah. Pada HUT Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan momen yang sangat tepat untuk  menanamkan semua itu pada generasi muda.

Pada hari Rabu, 20 Agustus 2014 kemarin, SEMA STIE STMY Majalengka Periode 2014 – 2015 mengadakan Kegiatan SEMARAK PERAYAAN HUT KEMERDEKAAN RI KE – 69, yang bertempat di Kampus STIE STMY Majalengka, dimana pesertanya adalah keluarga besar YAWINA.

 

Melalui kegiatan SEMARAK PERAYAAN HUT KEMERDEKAAN RI KE – 69, generasi muda diharapkan untuk menyatukan pikiran dan gagasan, berjalan bersama mencapi hal-hal yang telah dicita-citakan oleh pendiri bangsa ini. Marilah disadari bahwa perjuangan para pahlawan dalam pembentukan negara kesatuan Republik Indonesia sangatlah berat. Maka dari itu sudah menjadi tugas generasi-generasi selanjutnya untuk melanjutkan perjuangan itu.

Kegiatan ini bertemakan  Mulang Kalemah Cai Nembongken Jati Diri,, Terdapat beberapa perlombaan yang telah meramaikan kegiatan ini, diantaranya : Lomba Balap Kelereng, Lomba Merias Wajah, Lomba Tarik Tambang, Lomba Balap Karung, Lomba Balap Makan Kerupuk, Lomba Pukul Air, Lomba Karokoe + Joged Balon, Lomba Balap Koin, Lomba Lari Tali, Lomba Futsal

Mini, dan Lomba Panjat Pinang. Serangkaian perlombaan tersebut berjalan lancar mulai pukul 09.00 WIB hingga sore hari.

 

Berikut terdapat kata-kata bijak Bung Karno yang sangat kental dengan rasa nasionalismenya :

“Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan ku guncangkan dunia”.

 

“Apakah Kelemahan Kita? Kelemahan kita ialah kita kurang percaya diri sebagai bangsa kita, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong”. (Pidato HUT Proklamasi, 1966)

 

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”. (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop. 1961)

(Zy/"SEMABDK")