Sabtu, 08 Maret 2014 - 12:44:40 WIB
STIE STMY MENGADAKAN KKM
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pengabdian Masyarakat - Dibaca: 34891 kali

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STMY Majalengka mengadakan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) bagi para mahasiswa yang sudah menyelesaikan perkuliahan pada semester VI tahun ajaran 2013/2014. KKM diikuti oleh 100 mahasiswa yang disebar di empat desa di wilayah Kecamatan Kasokandel Kabupaten Majalengka. Ke empat desa yang ditempati KKM meliputi: desa Leuwikidang, desa giri mukti, desa jatisawit dan desa jatimulya dengan waktu pelaksanaan dari tanggal 28 Februari sampai dengan 29 Maret 2014.

Pembukaan sekaligus serah terima mahasiswa KKM dari perguruan tinggi ke pemerintahan Kecamatan Kasokandel dilaksanakan dihalaman kantor kecamatan kasokandel dengan dihadiri oleh Camat Kasokandel yang diwakili Sekretaris kecamatan, para kepala desa yang ditempati KKM, Ketua STIE STMY dan para dosen serta tentunya para mahasiswa peserta KKM.

Ketua panitia KKM STIE STMY 2014 Drs. H. Ahmad Kamaludin, MM  dalam laporannya menyampaikan bahwa Kuliah Kerja Mahasiswa merupakan amanat tri darma perguruan tinggi yang merupakan mata kuliah wajib bagi para mahasiswa sebelum menyelesaikan studinya di perguruan tinggi. Para mahasiswa sudah dibekali dengan berbagai pengetahuan teoritis yang akan dicoba diaplikasikan di lapangan bersama-sama masyarakat desa yang ditempati KKM selama 1 bulan penuh. Sementara itu Ketua STIE STMY Majalengka H. Sudibyo BO, S.Sos, SE, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan Kuliah Kerja Mahasiswa di empat desa dalam wilayah kecamatan Kasokandel diharapkan dapat membawa manfaat yang besar baik bagi mahasiswa sendiri maupun bagi masyarakat sekitar khususnya bekerjasama mengembangkan ekonomi pedesaan yang selama ini masih berjalan monoton. Secara khusus Ketua STIE STMY juga menawarkan beasiswa bagi masyarakat di desa yang ditempati KKM yang berkeinginan meneruskan kuliah di STIE STMY. Beasiswa ditawarkan kepada masyarakat yang kurang mampu namun berkeinginan kuat meneruskan pendidikan sampai jenjang perguruan tinggi. Sambutan Ketua STIE STMY diakhiri dengan penyerahan 100 mahasiswa yang akan melaksanakan KKM kepada Camat Kasokandel yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan.

Sementara itu dalam sambutan penerimaan, sekteraris kecamatan Kasokandel (nama sekcam) atas nama pemerintahan Kecamatan Kasokandel mengucapkan terima kasih atas dipilihnya Kecamatan Kasokandel sebagai lokasi KKM bagi Mahasiswa STIE STMY seraya berharap  agar para mahasiswa  dapat memberikan dorongan dan motivasi kepada masyarakat dalam rangka bersama-sama membangun daerahnya. Empat desa yang akan ditempati KKM memiliki potensi usaha yang berbeda, ada yang dibidang pertanian, peternakan serta wirausaha dibidang pembuatan batu bata. Dengan adanya para mahasiswa, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mencari terobosan baru guna meningkatkan usaha mereka yang selama ini berjalan apa adanya. Sambutan sekretaris kecamatan diakhiri dengan penerimaan 100 mahasiswa yang akan ber KKM yang dilanjutkan dengan ramah tamah dan foto bersama.

Selanjutnya setelah diterima di kecamatan, para mahasiswa dengan didampingi dosen pembimbing meneruskan perjalanan menuju ke desanya masing-masing untuk memulai tugas baru melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa. Selamat ber KKM, semoga membawa manfaat bagi masyarakat sekitarnya.

 

(Laporan koresponden STMY pos dari lapangan)